Fedora: Tempat Penyimpanan Objek Digital


Fedora singkatan dari Flexible Extensible Digital Object Repository Architecture. Produk software yang namanya mirip dengan distro Fedora Linux (tanggal 14 Mei 2008 WIB telah diluncurkan Fedora 9) ini bukanlah sebuah sistem operasi, tapi sebuah produk yang memberikan layanan repository server, yaitu sebuah layanan terpusat yang menyediakan penyimpanan objek digital yang sekaligus terintegrasi dengan keamanan, metadata, semantik ataupun kolaborasi yang sangat dibutuhkan di era Web 2.0 saat ini. Tidak heran jika produk yang punya nama lengkap Fedora Commons ini digunakan dilingkungan perpustakaan, penyedia layanan jurnal, arsip dan sebagainya. Fedora Commons merupakan aplikasi berbasis opensource dibawah lisensi Mozilla Public License. Aplikasi ini menggunakan basis J2EE (Tomcat) dan Axis sebagai kerangka software untuk mendukung web service. Web Service bermain sangat penting di produk ini, karena basis pengembangannyapun dilakukan dengan pendekatan SOA (Service Oriented Architecture).

Setelah saya coba pasang di komputer Linux saya, proses instalasinyapun tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dengan ukuran paket pemasangnya kurang lebih 75MByte, saya sudah mendapat paket Fedora lengkap yang siap dijalankan. Untuk menjalankan paket ini saya menggunakan database PostgreSQL. Yang perlu diperhatikan adalah mengubah parameter untuk database yang kita gunakan pada file $FEDORA_HOME/server/config/fedora.fcfg. Setelah diatur, kita dapat menjalankan service Fedora ini dengan menjalankan Tomcat pada folder tomcat yang telah tersedia di dalam folder $FEDORA_HOME.

Untuk mengakses Fedora Common service, telah tersedia Fedora Admin Client yang dibangun berdasar Java Swing. Aplikasi client ini disimpan pada folder $FEDORA_HOME/client/bin, yang cukup dijalankan dengan menjalankan salah satu file script yang tersedia. Saya menjalankan perintah fedora-admin.sh. Berikut contoh tampilan dari Fedora Admin Client:

Bagus juga. Mungkin bisa jadi pilihan bagi siapa saja yang ingin membangun sistem perpustakaan digital di tempat kerja, di sekolahan, atau di desa…..