Kepemimpinan “Mercu Suar”


Yang saya maksud di sini adalah model seorang pemimpin yang selalu ingin dirinyalah yang harus jadi pusat. Yang saya renungkan adalah apakah pola kepemimpinan seperti ini cocok untuk komunitas OpenSource? Satu sisi sebetulnya profile pendiri (founder) dari sebuah komunitas OpenSource memang seharusnya selalu ditempatkan sebagai sosok yang penting dalam pertumbuhan komunitas yang dibangun itu sendiri.

Saya melihatnya begini: seorang pemimpin dalam komunitas OpenSource harusnya tidak menerapkan pola “mercu suar” karena basisnya adalah dalam pertumbuhan komunitas itu harus melibatkan semuanya, sekecil apapun perannya, tetaplah merupakan bagian penting dalam komunitas.

Berbeda dengan kondisi dimana seorang pemimpin memiliki karisma yang kuat. Sebagai contoh dalam sebuah proyek OpenSource tentang X dimulai oleh seseorang yang memang berpengalaman dalam bidang X tersebut. Ketika komunitas OpenSource X ini terus bergulir, yang akan terjadi adalah sebuah acuan bersama akan terbentuk dengan selalu mempertimbangkan dari pengalaman sang pemimpin. Jadi menurut saya, dalam sebuah komunitas OpenSource, model kepemimpinan bukanlah “Mercu Suar”, tapi pemimpin yang berkharisma dan bersedia terbuka. Waduh…ngacau ya tulisan saya…😀 biarin ahhh yang penting mengungkapkan pemikiran…