Perilaku pencarian…


Jika dilakukan jejak pendapat tentang “Berapa rata-rata jumlah keyword/kata yang digunakan untuk mencari di mesin pencari?”, kalau boleh saya duga mungkin antara 1 – 3 kata. Artinya kita ingin menanyakan dengan sesedikit mungkin kata kunci yang kita inginkan, tapi dapat memperoleh sebanyak mungkin (dengan tingkat presisi dan recall yang baik) informasi yang diberikan ke kita.

Yang menarik dari buku “the Search” karangan John Battelle, editor pendiri Wires dan pendiri The Industry Standard, mengatakan:

Sekitar 50% dari semua pencarian hanya menggunakan dua atau tiga kata dan sekitar 20% hanya menggunakan satu kata. Hanya 5% yang menggunakan lebih dari enam kata.

Dan yang menarik adalah, dari kata-kata yang digunakan dalam pencarian ini jika digambarkan akan membentuk sebuah grafik mirip dengan “the Long Tail” dimana hanya kurang lebih 10 rangking pertanyaan unik yang sering digunakan (memiliki frekuensi sangat tinggi), dan selanjutnya 1000 pertanyaan unik yang tersebar dan memiliki frekuensi yang kecil dan demikian seterusnya sampai sangat kecil frekuensi pemakaiannya.

Saya sendiri menggunakan Google sebagai mesin pencari utama, dan betul memang saya hanya menggunakan dua atau 3 kata untuk mencari. Dan perilaku pencarian ini telah menjadi budaya saya, dan mungkin rekan-rekan semua, ketika saya terhubung ke Internet. Hanya beberapa aplikasi web yang menunjang personalisasi saya saja yang saya hafal dan langsung saya tuju. Selebihnya, Google telah mengubah budaya saya untuk mengakses Internet, yaitu mesin pencari yang saya gunakan ini lebih banyak untuk membantu saya melakukan navigasi dari satu web ke web lainnya. Pada akhirnya, semua alamat yang ada di bookmark saya jarang sekali saya gunakan. Mubazir…

Saya merasa diri saya ini seperti sebuah Sistem Operasi Desktop, seperti Windows atau Gnome atau KDE atau MacOS😀. Di kepala saya sudah tersimpan beberapa shortcut yang bisa saya klik untuk menuju langsung ke aplikasi web yang sering saya gunakan, tapi untuk yang lainnya seperti sekumpulan folder atau file yang berserakan di mana-mana yang perlu bantuan fasilitas pencarian untuk menemukan yang saya butuhkan.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah seperti saya?😀 Menarik juga ya jika diteliti dari ilmu sosiologi…