UML Case Tool Gratis


Ketika berbicara tentang alat bantu untuk merancang sistem dengan menggunakan pemodelam UML, ada cukup banyak aplikasi yang tersedia, katakanlah Microsoft Visio. Barang yang dibandrol dengan ritel harga kurang lebih 2 juta – 2.5 juta ini dipercaya sebagai alat bantu pemodelan yang all in one. Saya tidak punya uang untuk membeli itu, mendingan uangnya buat beli 9 pokok bahan makanan dan bensin😀 .

Untuk pemodelan UML, saya lebih suka menggunakan StarUML, ArgoUML, Netbeans 4.x ke atas atau DIA. Pemakaian tergantung pada kebutuhannya, tapi kalau untuk penggambaran UML di lingkungan Windows, StarUML sangat bagus. Dengan StarUML dapat dihasilkan sebuah dokumen Use Case Specification Document secara otomatis dari diagram Use Case yang kita buat. Saya menggunakan format ini untuk menuliskan spesifikasi kebutuhan sistem. Untuk penggambaran class diagram, karena saya lebih banyak menggunakan Java, maka saya memilih Netbeans 6.1 (atau versi 4.x ke atas). ArgoUML saya gunakan ketika mendemokan sesuatu model UML di kelas karena aplikasi ini ringan dan kecil (butuh JRE). Aplikasi DIA sering saya gunakan untuk penggambaran model non UML, misal E-R Diagram, model jaringan, dan sebagainya.

Keempat aplikasi pemodelan tersebut mengikuti model OpenSource, jadi jangan kuatir tentang masalah legalisasinya, karena pasti legal.

2 thoughts on “UML Case Tool Gratis

Komentar ditutup.