Layanan Informasi Buku Nasional…


Saya sangat menyukai facebook.com sebagai salah satu aplikasi web 2.0 untuk jejaring sosial, dan salah satu aplikasi yang saya sukai adalah Book iRead, dimana dengan aplikasi facebook ini saya dapat berbagi tentang buku apa yang sedang saya baca, yang sudah saya baca atau yang ingin saya baca. Hanya saja buku-buku yang dapat saya munculkan di sana adalah buku-buku yang terdaftar di Amazon.com, sehingga saya tidak dapat menambahkan buku lokal (karangan dan diterbitkan oleh penerbit nasional) di Book iRead.

Lalu saya beride, bagaimana jika dibuat sebuah website dengan webservice apinya yang menyediakan informasi buku yang beredar di seluruh Indonesia ini dan dapat dikaitkan dengan aplikasi web 2.0 seperti facebook? Pasti akan menarik tentunya. Sebagian toko buku online yang ada sekarang (berbahasa Indonesia) masing-masing belum menyediakan layanan seperti yang disediakan oleh Amazon, yang mengijinkan siapapun untuk mendapatkan informasi buku yang diinginkan dari aplikasi yang dikembangkannya sendiri. Saya telah jadikan ini sebagai salah satu penelitian saya.. Bayangan saya kalau ini dikembangkan di bawah gerakan OpenSoure, bisa jadi proyek-proyek serupa akan menghidupkan gerakan dan semangat OpenSource di Indonesia. ada yang memberi masukan? Terima Kasih.