Belajar mencari topik skripsi


“Bapak ada judul skripsi?” Pertanyaan ini hampir tidak pernah hilang dari peredaran siklus belajar di perguruan tinggi, tapi memang perlu juga di ajukan. Tapi pertanyaan yang selalu ada di benak saya adalah:  mengapa mahasiswa banyak yang “macet” untuk menemukan judul atau topik skripsi? Padahal jika bersedia ke perpustakaan atau sering berdiskusi dengan dosen atau teman-teman lain, pasti tidak akan pernah habis.

Di sini saya hanya ingin mencoba untuk berbagi tentang bagaimana menemukan topik yang dapat dijadikan sebagai skripsi:

  1. sering-seringlah ke perpustakaan, cari buku yang menarik buat Anda, lalu baca sedikit demi sedikit, dan pasti butuh beberapa hari, tapi di sinilah letak proses belajar terjadi. Biasanya kalau baca langsung sekali “telan”, itu seperti belajar berenang langsung dalam 1 hari harus jadi…😀
  2. diskusilah dengan teman-teman lain yang memang bersedia untuk berbagi dan berdiskusi. Jika Anda mencoba mengajak teman satu atau dua atau tiga kali tidak bersedia dengan berbagai alasan, tidak perlu dipaksa, cari teman yang lain. Nah..masalahnya kebanyakan mahasiswa punya “geng” cuman itu-itu aja…jadinya ya muter di situ aja…
  3. pelajari skripsi yang telah dibuat oleh rekan-rekan sebelumnya. Ini penting, karena biasanya dari laporan skripsi ini kita dapat memperoleh masukan, terutama pada bagian kesimpulan dan saran. Diskusikan dengan dosen pembimbingnya, atau rekan yang membuat skripsi tersebut.
  4. Ini yang paling banyak dilakukan sekarang, yaitu surfing atau menjelajah dunia Internet untuk menemukan siapa tahu ada yang berbaik hati memberikan topik-topik skripsi. Jangan hanya surfing, tapi juga reading and try to understanding about it.
  5. sebetulnya ada cara yang paling mudah: cobalah Anda amati kebutuhan pada lingkungan di sekitar Anda sehari-hari. Anda pasti menemukan banyak sekali yang perlu dikembangkan dan diteliti. Setelah menemukannya, cobalah cari-cari di Internet tentang metode-metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Jika masih belum mendapatkan, diskusikan dengan dosen Anda. Mengapa harus ada metode? Yahh…bagaimana nanti menganalisisnya, dengan metode kita dapat menilai apakah metode tersebut sesuai atau tidak untuk memecahkan masalah kebutuhan yang Anda sedang coba selesaikan. (dan masih banyak penjelasan selanjutnya….)

Itu pandangan dari saya…semoga dapat memberi “peran” untuk pergumulan rekan-rekan yang sedang mengambil skripsi😀.