Fedora 9 Sulphur


Tanggal 13 Mei nanti, Fedora 9 final release (dengan code name Sulphur) akan diluncurkan ke publik, berarti kurang lebih hamppi 5+ bulan sejak Fedora 8 diluncurkan. Yang menjadi ciri khas dari Fedora untuk setiap release-nya adalah tampilan artwork baru yang lebih menawan. Pada Fedora 8 kita sudah menikmati stabilnya Compiz Fuzion dan GL Desktopnya, yang menjadikan desktop kita menjadi sangat sangat indah dan atraktif, dengan kemampuan Desklet yang dapat kita pasang di desktop kita. Tapi yang menjadi masalah adalah, termasuk di notebook saya juga, waktu startup X.org dan Fuzion menjadi terasa agak lama. Untuk itulah pada Fedora 9, akan disertakan sebuah paket yang disebut One Second X, yaitu membuat X window kita dapat startup kurang lebih dalam waktu hanya 1 detik.

Paket lain yang sangat menarik untuk kita nikmati adalah dukungan ke sistem file ext4 yang menawarkan kemampuan yang lebih baik daripada ext3, salah satunya kita akan mendapat jaminan journal checksum yang lebih baik, kecepatan akses, dapat menampung lebih dari 32000 subdirektori.

Yang tidak kalah menarik lagi adalah disertakan sebuah Network Manager baru yang mendukung Mobile Broadband, seperti GSM dan CDMA, jadi kita bisa lebih mudah dalam pemakaian GSM/CDMA modem untuk membuat koneksi ke Internet. Sepertinya Fedora 9 akan menyediakan segala kemudahan yang tidak kalah dengan sistem operasi lainnya. Hmm…siap-siap untuk upgrade kembali padahal baru 3 bulan saya upgrade dari Fedora 7 ke Fedora 8. Yah yang penting Fedora selalu fresh dan semakin asik aja.

2 thoughts on “Fedora 9 Sulphur

  1. tentu saja yg tidak kalah menariknya adalah integrasi KDE4 di Fedora 9 …. saya sudah tidak sabar dengan fitur ini

    ngomong2 deltarpm bakal jd default untuk package management nggak yah ?

Komentar ditutup.