CMS Portal Pilihan


Untuk membangun sebuah web portal dengan cepat dan mudah, saya lebih suka menggunakan CMS Drupal. Mengapa tidak yang lain? Karena saya terbiasa saja dengan produk OSS ini😀. Menurut catatan yang dikeluarkan oleh CMSMatrix, saat ini terdapat kurang lebih 891 produk CMS. Drupal merupakan CMS untuk portal, sama dengan Joomla. Dan dari data CMSMatrix, produk CMS yang mulai naik daun untuk CMS portal adalah WebGUI dan TYPOlight. Semua yang saya sebut di sini adalah OSS. Untuk Drupal, Joomla dan TYPOLight semuanya menggunakan PHP sebagai bahasa pemrogramanya, sedangkan untuk WebGUI menggunakan Perl (mod_perl). Mengutip dari hasil perbandingan keempat produk tersebut dari CMSMatrix, berikut potongan tabel hasil perbandingannya.

Product Drupal 6.2 Joomla! 1.5.2 TYPOlight 2.5.0 WebGUI 7.4
Last Updated 4/10/2008 3/26/2008 12/28/2007 1/9/2008
Application Server PHP 4.3.5+ Any that support PHP mod_perl
Approximate Cost Free $0 free Free
Database MySQL, Postgres MySQL MySQL, MS SQL, Oracle, Postgres MySQL
License GNU GPL GNU/GPL v2 GNU LGPL GNU GPL
Operating System Any Any Any Any
Programming Language PHP PHP PHP 5.2+ Perl
Root Access No No No Yes
Shell Access No No No Yes
Web Server Apache, IIS Apache Any php enabled server Apache

Ada produk CMS enterprise yang sebagian besar dikembangkan di atas J2EE, sebut saja Alfresco, dotCMS atau Apache Lenya. Namun karena sebagian besar Web Hosting yang dikelola oleh rekan-rekan di Indonesia masih menyediakan untuk PHP atau Perl (sedikit juga Ruby on Rails), maka pemakaian CMS di atas J2EE juga masih terbatas. Namun sebetulnya jika ditilik pemakaiannya di level enterprise, produk-produk CMS berbasis J2EE menjadi pertimbangan utama. Sehingga tidak ada salahnya juga jika kita, saya juga, belajar untuk menggunakannya.

Yang terpenting dalam pemilihan produk ini adalah, produk tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan. That’s all, nothing else.