Membandingkan mobile messenger


Sejak munculnya GRPS, kita diberikan suatu alternatif untuk pengaksesan data (Internet) secara lebih mudah (dan terbatas waktu itu) dari piranti ponsel kita. Saya pengguna layanan operator IM3, yang pada waktu itu seingat saya untuk setiap KiloByte dikenakan biaya Rp 11,00. Masih cukup mahal menurut saya, sehingga waktu itu saya hanya gunakan untuk baca dan tulis email dari ponsel N6600 saya. Tapi sekarang, dengan adanya 3G, IM3 mematok harga Rp 1,1 / kilo byte. Wah semakin menarik! Dan itu membuat saya lebih sering mengakses Internet melalui ponsel saya. Jadi kebiasaan juga, sebelum tidur, saya mengunjungi Detik.com. Lebih hidup memang rasanya.

Aplikasi lain yang sering saya gunakan juga adalah ber-messenger ria melalui ponsel, tidak perlu sms, cukup pake GRPS atau 3G, lebih murah dan lebih interaktif. Untuk dapat melakukan hal ini, saya mencoba beberapa aplikasi mobile messenger (istilah untuk aplikasi messenger di ponsel). Dimulai dengan Fring, lalu shMessenger, kemudian diberitahu teman saya bahwa ada Nimbuzz yang lebih bagus, dan terakhir mencoba Morange dan eBuddy. Semua aplikasi tersebut berjalan di atas KVM virtual machine (J2ME) di ponsel Nokia saya.

Hal terpenting yang perlu diketahui sebelum melakukan pemasangan salah satu aplikasi mobile messenger di ponsel Anda adalah ketahui spesifikasi MIDP/CLDC dan JSR yang didukung. Untuk mengetahui ini dapat dilakukan dengan membaca spesifikasi yang disertakan dalam setiap buku manual/kotak piranti ponsel yang Anda beli. Tapi jika seandainya tidak adapun, saya menggunakan layanan yang ada di MobileZoo. Mereka menyediakan sebuah program kecil yang mereka sebut dengan MobileZoo Hunter, yang dapat kita unduh lalu di pasang di ponsel kita. Di ponsel kita, aplikasi tersebut ketika di jalankan akan mendeteksi merk ponsel kita lalu mengirimkannya ke layanan mereka, lalu mengembalikan informasi MIDP/CLDC dan JSR yang didukung oleh ponsel kita.

Berikut beberapa tabel perbandingan yang dapat saya rangkum dari beberapa aplikasi untuk mobile messenger:

Kemampuan fring Nimbuzz shMessenger Morange eBuddy Gizmo5
Fring Logo
Nimbuzz Logo
shMessenger Mobile Logo
Morange Logo

eBuddy Logo
Gizmo5 Logo
Protokol Messenger
– Yahoo V V V V V V
– Gtalk V V V V V X
– Windows Live V V V V V V
– ICQ V X V V X X
– Jabber V V V X X V
– Skype V V X X X X
– SIP V X X X X V
– AOL V V V V V V
Social Networking
– MySpace X V X V X X
– Facebook X V X V V (web) X
Percakapan Suara V V X X X V
Pertukaran File V V X V V V

Itu yang dapat saya bagikan untuk saat ini, jika nanti ditengah jalan saya menemukan perbandingan lain, seperti mendukung basis wap atau tidak, dan sebagainya, akan saya tambahkan di artikel ini. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Membandingkan mobile messenger

  1. Ping-balik: Aplikasi Ponsel S60 3rd Gratis « perihal

Komentar ditutup.