Kelompok Belajar…


Semester ini merupakan semester yang tersibuk dan melelahkan, baik fisik maupun pikiran. Yang membuat sedih saya adalah semangat mahasiswa yang tidak tampak pada tiap kuliah, kecuali di beri cerita-cerita tentang pekerjaan TI nantinya terus ditambah lagi ketrampilan apa yang perlu dimiliki agar siap bersaing. Tentunya tidak semua mahasiswa seperti yang saya sampaikan tadi. Tapi sedih rasanya memang jika melihat mahasiswa saya tidak punya “gairah” untuk belajar. Fenomena ini saya percaya terjadi di semua pendidikan. Mungkin karena “dunia instant” (kata banyak orang) jadinya mahasiswa sekarang juga inginnya hanya yang instant, yang penting berstatus mahasiswa, lulus, dapat kerja, nikah, punya anak, dan seterusnya. He..he..he..

Untuk beberapa mahasiswa yang ingin sekali belajar sesuatu di luar kuliah, semester ini saya membuka sebuah kelompok belajar. Selain belajar untuk mandiri, dengan kelompok belajar ini saya menekankan juga pentingnya untuk selalu menggunakan produk software yang legal, terutama produk OpenSource. Agar dapat mandiri dan mengenai sasaran, kelompok belajar ini saya beri sebuah proyek sederhana, yaitu membuat sebuah Information Retrieval untuk dokumen-dokumen Tugas Akhir mahasiswa (S1, S2, dan S3). Dengan di bantu 2 rekan dosen lain, kami mencoba untuk memberikan wawasan tentang teknologi IR ini. Agar sederhana, kami memberikan teknologi Apache Lucene untuk indexing dokumennya agar lebih mudah dilakukan retrieval nantinya. Mengapa Apache Lucene?😀 Banyak alasan, di antaranya adalah Lucene sudah seperti barang “de facto” untuk Information Retrieval yang spesifikasi API nya ditulis secara terbuka alias OpenSource. Yang kedua, sekarang ini Lucene telah di port ke beberapa bahasa pemrograman. Awalnya memang dikembangkan dengan basis bahasa pemrograman Java, tapi saat ini sudah banyak yang melakukan forking ke bahasa lain, seperti ke .NET, PHP, Perl. Ketiga, Lucene dapat menampung metadata yang menurut saya sangat baik. Dengan metadata ini kita bisa melakukan advance searchyang lebih bervariasi.

Kelompok belajar yang kami bentuk ini dibagi dalam 3 kelompok, pertama belajar tentang repository server (yang menggunakan Alfresco), kedua belajar tentang pembuatan antarmuka untuk pengindeksan dokumen-dokumen PDF dengan Lucene.NET (di sini saya menekankan untuk menggunakan yang versi .NET Express Edition yang legal), dan terakhir belajar untuk membuat user interface berbasis web dengan PHP yang dapat menerima query string dari pemakai lalu mencarinya berdasar file index Lucene (dengan menggunakan fungsi Lucene dalam Zend Framework) yang sudah dibentuk oleh kelompok dua.

Walaupun berjalan agak lambat, tapi kelompok ini ternyata dapat memicu semangat anggota kelompok belajar untuk betul-betul belajar. Ya…setidaknya ini bentuk usaha yang coba kami lakukan untuk membangkitkan niat belajar mahasiswa yang saat-saat ini “lesu” bahkan kehilangan arah😀.

3 thoughts on “Kelompok Belajar…

  1. emang gak mudah belajar dengan tekun. gak mudah juga dapat teman belajar yang mau dan bisa berbagi. gak mudah cari mahasiswa yang mau belajar dan berbagi. gak mudah deh. jadi kalau sekarang ada kelompok belajar dan kelompok ini berjalan dengan baik, bagus banget. semoga bisa jadi cikal bakal kelompok belajar lainnya.

  2. bukannya Xapian lebih bagus pak? ini bikinan martin porter yg bikin snowball. sayangnya saya tidak ingat persis fitur unggulannya, abis cuma lihat sepintas, blm pernah nyobain beneran. binding perl-nya juga sudah lengkap (search CPAN).

  3. Xapian menarik juga. Salah satu yang membuat saya tertarik adalah format dokumen yang didukung dan metode IR yang lebih baik. Terima kasih pak Edwin Pratomo untuk informasinya, ini sangat bermanfaat bagi saya.

Komentar ditutup.