Bagaimana membuat blog Anda terkenal?


Sebentar…memang catatan saya di sini sudah terkenal? Sama sekali tidak terkenal. Saya mencoba membayangkan metode apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat blog saya atau milik Anda menjadi “terkenal”. Banyak buku atau artikel lepas atau obrolan yang sudah muncul tentang hal ini. Tapi tidak salah juga jika saya membayangkan tentang metode-metode itu agar blog saya ini menjadi “terkenal”. Kata Tamtowi Yahya di acara Empat Mata pada sebuah episodenya mengatakan “menjadi terkenal itu enak”. Masak sich? Belum pernah merasakan soalnya.

By the way, berikut beberapa metode yang ada di benak saya tentang bagaimana membuat agar blog kita dapat dikenal masyarakat luas.

  1. Pilih layanan penyedia blog yang sudah terkenal. Dari yang saya tahu dan yang saya gunakan, Blogger.com menjadi pilihan saya pertama, lalu WordPress.com merupakan pilihan kedua. Mengapa memilih ini? Karena bagi saya keduanya sudah memiliki komunitas pemakai yang sangat besar.
  2. Tentukan topik atau perihal apa yang hendak jadi fokus pada blog kita. Menurut saya, konsep diferensiasi mungkin dapat diterapkan di sini agar blog kita memiliki keunikan tersendiri daripada yang lain. Dalam pemilihan topik ini tentu saja harus sesuai dengan selera atau hobi kita. Saya sendiri karena suka di TI, ya isinya berbau itu semua.
  3. Tidak dapat dipungkiri, tampilan blog kita dapat menjadi salah satu daya tarik, setidaknya dapat menarik perhatian pengunjung yang mungkin tanpa sengaja mengunjunginya karena topik tertentu. Jadi, cobalah memilih theme atau template blog yang sekiranya disukai banyak orang.
  4. Buatlah halaman tentang diri Anda sesingkat dan sejelas mungkin, mungkin dapat dibubuhi foto “mungil” Anda.
  5. Lakukan update berita/tulisan serutin mungkin pada blog Anda. Terus terang untuk menjaga poin ini kita butuh untuk konsisten dan tentu saja ide dan waktu yang mungkin bisa lama ataupun singkat, tergantung pada mood kita.
  6. Promosikan blog Anda dengan cara yang paling sederhana:
  • Buatlah account di beberapa web site yang menyediakan layanan social networking, seperti di Facebook.com, LinkedIn.com, Friendster.com, Multiply.com. Setelah Anda memiliki account di layanan social networking tersebut, cantumkan link public profile Anda di masing-masing layanan tersebut pada blog Anda.
  • Tambahkan tautan atau bookmark dari blog teman Anda pada halaman blog Anda. Pada WordPress.com telah menggunakan XFN untuk mendefinisikan hubungan/relasi antara Anda dengan setiap bookmark yang Anda buat. Hal ini mungkin akan sangat membantu WordPress.com untuk mencoba menggambarkan relasi social networking antara Anda dengan teman-teman Anda.
  • Jika Anda pengguna Google, Anda dapat menggunakan layanan Google Reader untuk menampilkan RSS feed yang Anda share pada blog Anda (seperti yang saya tampilkan di budsus.blogspot.com). Komponen ini bisa menjadi daya tarik pengunjung yang mungkin secara kebetulan ada berita menarik yang ditampilkan di sana. Setidaknya blog kita dapat memberikan tambahan manfaat bagi para pengunjung kita.
  • Daftarkan blog Anda pada blog search engine terbesar, yaitu technorati.com.
  • Undang teman-teman Anda untuk berkunjung ke blog Anda. Untuk melakukan ini banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah mulai dari komunitas di mana Anda terlibat di dalamnya.
  • Jika Anda tertarik, Anda dapat menggunakan layanan gratis dari Google untuk menganalisis aktifitas kunjungan terhadap blog kita. Silahkan kunjungi Google Analytic dan ikuti petunjuk pemakaiannya.

Poin-poin itulah yang ada di benak saya untuk menjadikan blog kita dapat dikenal banyak orang di dunia “maya”. Kehadiran Web 2.0 tidak dapat kita hindari lagi, sehingga kita juga harus ikut terjun di dalamnya jika tidak ingin ditinggal oleh yang lain.

97 thoughts on “Bagaimana membuat blog Anda terkenal?

  1. ada cara yang lebih lengkap coba cari di pqcms.blogspot.com, sudah terbukti, saya pake cara itu baru 2 mingguan ya lumayan lah pengunjungnya he..he..he…

  2. saya masih kurang ngerti pada bagian “Google Reader untuk menampilkan RSS feed yang Anda share pada blog Anda”,tolong di jelaskan lagi dong ?

    oh iya,apa google analytics 100 persen gratis ? dalam arti,pemakai tdk akan di tagih untuk hal apapun karena yang bersangkutan memakai google analytics

    terima kasih

  3. Hmmm… apakah dari kesemua kriteria di atas sudah ada pada blogs saya ya…? Tapi sepertinya belum deh. Yah… saatnya mencoba tipsnya. Tararengkyu yah…

  4. Wah,menarik sekali artikelnya
    Mohon bantuaannya yah!
    Maklum Newbie…

    Download naruto bahasa Indonesia

    bacanarutonepiece.blogspot.com
    narutodownloadarea.blogspot.com

  5. If you are a real estate professional, be really careful in dealing with KoRes Corp. in Weston Florida. Tulio Rodriguez & Monica Cataluna-Shand are shysters and look for anyway to steal ones customers. They attempt to steal your client by requesting their contact information and later contact them behind your back to get them to deal with them directly.

  6. saya punya blog udh 2 bulan lalu cuman pengikutnya ga ada.gimana cara supaya bisa jadiin blog kita itu diikutin sama banyak orang,blog saya berhubungan dengan materi Pelajaran dan sastra maklum saya sekarang masih SMA ::)

  7. 2. kuliah cepat bergaransi, ijazah dijamin asli. anda tak perlu khawatir semuanya legal dan terdaftar di kopertis..
    Kelas dapat dipilih :
    1. kelas reguler (kuliah dilakukan setiap hari)
    2. kelas ekskutif (kuliah dilakukan seminggu sekali)
    3. profesional (langung skripsi sidang dan wisuda)
    kami tawarkan bonus 2 juta rupiah perorang jika anda mengajak teman untuk bergabung di interlife university. Ayo buruan Daftar ini bukan omong kosong, anda bisa buktikan sendiri..!!! info lbh lanjut hub : 085223281834/081213278668/ 081382203487 /
    0856 97000 736 / kunjungi website kami : interlifeuniversity.com atau silakan datang langsung ke kantor kami di jl. Ir.H. Juanda No. 50, ciputat,PERKANTORAN CIPUTAT INDAH PERMAI BLOK C1

  8. Ping-balik: Membuat Blog Anda Terkenal « Sybro Mullisie

Komentar ditutup.