Produk ERP OpenSource


Saat ini saya sedang mengkaji pemakaian OpenBravo sebagai salah satu kemungkinan produk ERP opensource di salah satu client saya. Di satu sisi, apa yang sedang saya lakukan ini adalah sebuah uji coba untuk dapat menemukan sebuah metodologi yang “pas” untuk dapat saya gunakan nantinya. Di sisi lain, saya ingin sekali menjadi “duta” OpenBravo” di Indonesia (if that is possible). Terlalu tinggi mungkin harapannya, tapi saya ingin menyebarkan informasi alternatif sebuah produk ERP yang jauh lebih kompetitif dan tidak kalah baiknya dengan produk-produk ERP komersial lain, seperti mySAP, Oracle Apps, Microsoft Axapta, dan saudara-saudaranya. Saya kira perlu adanya keseimbangan, karena keseimbangan memberikan sesuatu yang lebih indah.

OpenBravo di bangun di atas J2EE dengan database yang didukung (default) adalah Oracle atau PostgreSQL. Jika produk ini digunakan oleh UKM, sangatlah baik dan sangat murah. Aplikasi yang dapat kita akses dari browser web ini sangat mudah instalasi dan pemakaiannya. Selain itu, tersedia cukup dokumentasi yang sangat membantu kita sebagai orang pemula di bidang ERP untuk mengetahui cara pemakaiannya. Tidak terlalu “njelimet” dengan aturan-aturan yang ketat seperti yang saya jumpai di mySAP atau Oracle Financial ataupun Compiere (dan turunannya). Dibanding dengan TinyERP, saya lebih menyukai OpenBravo karena lebih presentatif untuk penerapan sebuah ERP. TinyERP sendiri juga menggunakan PostgreSQL sebagai databasenya, dan bahasa pemrograman yang digunakannya adalah python. Anda dapat mencobanya di lingkungan Linux ataupun Windows.

Melihat dari sisi pasar sendiri, makin banyak perusahaan-perusahaan dari skala menengah sampai ke enterprise yang mulai mempercayakan aliran-aliran bisnisnya pada produk-produk ERP yang ada dipasaran, baik opensource maupun tidak. Kondisi ini dapat membawa “hawa” kebutuhan SDM yang sedikit bergeser. Mungkin, jika dulu, banyak perusahaan yang butuh programmer untuk membangun aplikasi bisnis mulai dari scratch (awal), tapi sekarang banyak dibutuhkan “konsultan-konsultan” produk ERP, yang mungkin kita sering mendengar konsultan mySAP, konsultan Axapta, konsultan Oracle Apps, dsb. Konsultan-konsultan ini bertanggung jawab atas penerapan produk ERP di suatu perusahaan, baik dari analisis bisnis dan existing system sampai dengan customization-nya., jika diperlukan. Masing-masing produk menawarkan tingkat customization yang beragam dengan bahasa yang beragam juga, ada ABAP, Java, PL/SQL, VB.NET, dan sebagainya. Inilah kondisi yang ada saat ini, dan jika Anda ingin terjun ke dunia ERP, mau tidak mau, suka dan tidak suka, kuasai salah satu produk, ambil ujian sertifikasinya, papan pengumuman tentang kualifikasi Anda di web site atau di LinkedIn.com atau VisualCV.com, dan selanjutnya …. just try to wondering about it…

25 thoughts on “Produk ERP OpenSource

  1. Assalamu’alaikum
    Klw ERP menggunakan OpenBravo dijadiin tugas akhir bgus ga y??
    lebih bgusnya diimplementasikan langsung ke UKM y dr pd hny menganalisa..?atw pny msukn ga gmn baikny?
    Makasih sebelumnya..

  2. Kalau boleh tahu Anda kuliah di jurusan apa ya? Kalau Sistem Informasi atau Manajemen Sistem Informasi, menurut saya boleh saja. Yang perlu ditekankan untuk dijadikan sebagai analisis adalah proses bisnis di perusahaan/organisasi yang akan jadi studi kasus, lalu bagaimana penerapan OpenBravo terhadap sistem tersebut sampai dapat diterima oleh perusahaan/organisasi tersebut. Terus terang pekerjaan ini bisa makan waktu yang lama. Hal terakhir ini mungkin perlu jadi pertimbangan yang utama.

  3. saya kuliah di jurusan sistem informasi sem.8 sekarang lagi pusing dengan skripsi.msh bngung mw pilih topik yg mana,pas bngt saya buka situs ini.Perusahaan mana aja di indonesia yg sudah pke openbravo itu,terus terang aja saya masih gaptek bngt sm erp dan openbravo.klw saya menganalisia ke perusahaan ,kira2 butuh wktu lama ga ya??
    makasih atas sarannya.

  4. Pak Budi,

    Saya dari Lembaga Pendidikan Perkebunan Jogja. Kalau kami mohon bantuan untuk mengajar pemakaian Compiere dan Openbravo kepada orang-orang perkebunan apa bisa?

  5. Ibu Terra,
    dengan senang hati saya membantu. Tapi waktunya yang mungkin agak repot ya bu, saya baru luang sekitar minggu ke 3 juni ini. Terima kasih.

  6. Saya saat ini sedang implementasi Openbravo di salah satu perusahaan manufacturing. Openbravo Tidak sulit untuk di operasikan hanya saja pada saat implementasi ada cukup banyak kendala. Mulai dari Hardware, Jaringan (Infrastruktur), Setting server, Tidak semua report default openbravo dapat langsung dipakai dan yang tersulit adalah mengajarkan pemakaian kepada karyawan yang sudah memiliki sekian banyak pekerjaan dan masih harus meluangkan waktu untuk berpindah ‘kebiasaan.’

  7. Bagaimana caranya membuat openbravo itu yang awalnya menggunakan bahasa inggris menjadi bahasa indonesia, karena rata rata usaha mikro belum bisa menggunakan bahasa inggris tolong bantu saya ya, soalnya saya sedang mengerjakan tugas akhir ini untuk kelulusan S1 saya. terima kasi sebelumnya……….

  8. Dari proyek OpenBravo, saat ini untuk bahasa melayu baru tersedia dalam bahasa Malaysia. Sebetulnya tidak hanya bahasa yang perlu di terjemahkan, tapi juga kode-kode akuntansi baku di Indonesia, perhitungan pajak, dan sebagainya.

  9. salam,

    saya bekerja sebagai pegwawai swasta, bagian technical support, ada beberapa yang saya tanyakan :
    1. bagaimana tahapan dalam implementasi erp.
    2. menjadi konsultan erp, apa saja yang harus dikuasai.
    3. mungkin ada ebook atau alamat untuk bisa belajar penerapan erp

    terimakasih informnya
    wassalam

  10. 1. Untuk menerapkan ERP, yang pertama perlu diketahui dan dipahami adalah konsisi sistem yang ada sekarang. Hal ini penting untuk dapat mencocokan dengan workflow pada ERP.
    2. menjadi konsultan, tentu saja harus memahami aliran flow ERP, sistem Akuntansi (biasanya ini bekerja sama dengan orang akuntannya), menguasai salah satu produk ERP.
    3. ebook? saya tidak punya je…

    selamat belajar…saya juga sedang belajar koq

  11. Mas Budi,
    perusahaan tempatku kerja sedang mencari software ERP. Perusahaan kami adalah project based company, bukan UKM tentunya. Kami sedang mempertimbangkan “SAP Business One”, “Compiere” dan “OpenBravo”.
    Yang ingin saya tanyakan:
    1. apakah OpenBravo punya partner di Indoneisa? Dari web-nya aku lihat paling dekat adalah singapura.
    2. apakah ada modul untuk “sales forecasting” yang akan menjadi project dan sales order?
    3. apakah ada modul untuk “purchase request” yang akan menjadi “purchase order”?
    4. bagaimana dengan aksi request lainnya? misal “delivery instruction” sblm “delivery order”, “cash advance request” sebelum “cash transaction”, “expense report” sebelum “cash transaction” dan lain-lain?
    5. inventory management-nya sudah sampai merekord data “Serial No” kan ?
    6. Mungkinkah kita minta partnernya untuk melakukan kostumisasi sesuai kebutuhan kita?

    Terima kasih ya, Mas. Kalo bisa sih jawabannya langsung dikirim by email saja🙂

    • Selamat siang mas ron. Untuk partner di Indonesia dulu ada, tapi sempat hilang. Kebetulan sekali mas, saya dan team saat ini bertindak sebagai openbravo implementator di indonesia. Selama ini ada 3 Project yang pernah kita implementasikan memakai openbravo
      1. PT. Tata Logam Lestari,manufacture untuk
      untuk genteng SI MANTAP dan MULTIROOF
      2. PT. Graha Vinoti Kreasindo, manufacture
      untuk furniture VINOTTI LIVING
      3. PT. Satria Bahana Sarana, Mining
      Contractor dan alat-alat berat.
      untuk info lebih lanjut mas ron, bisa hub.
      PT.Multi Usaha Mandiri jaya
      Telp/Fax ; 021-7806005
      SMS ; 081510768190 a/n Ramzis Ali
      email ; ramziz.ali@mandirijaya.co.id
      Demikian informasi dari saya semoga dapat membantu.

  12. mas, lagi skripsi nih, eksplorasi openbravo, ternyata di approve juga ama pembimbing. masalahnya nggak ada pengalaman mas, bisa share nggak tentang eksplorasinya, resumenya aja deh hehehe makasih mas, lewat e-mail aja yah balesnya

  13. Halo pak budi,

    Salam kenal,

    Saya dulu mengajar Compiere di LPP (saat itu mungkin pak budi ngajar openbravo ya?) tapi waktu itu kita sepertinya gak sempet kenalan ya?

    saya ada beberapa tutorial tentang openbravo, compiere dan adempiere di blog saya berikut:
    http://CompiereGuide.blogspot.com

    Ada beberapa Mahasiswa dari jogja yang pernah mengambil skripsi tentang Compiere dan saya bimbing, saat ini saya juga membimbing UKSW Salatiga untuk bisa mengajarkan Compiere di FTI.

    Salam
    Agung

  14. Salam kenal pak Agung, terima kasih untuk resourcenya. Saya sendiri masih terus belajar untuk OpenBravo ini. Banyak business process yang perlu saya pahami. Terima kasih bantuannya.

  15. pagi,mas…saya lg minat nih implementasi openbrav di tempat saya kerja,kura kura resort..mungkin ada user laen yg bisa sharing utk implementasi di dunia perhotelan?fyi,kebetulan smua sistem di sini masih acak2an, saya pengin integrate smua sistem dg openbravo gitu

    • Selamat siang mas anton. Apa kabar? Semoga sehat selalu. Saya perkenalkan dulu. Nama saya Ramzis Ali dari PT.Multi Usaha Mandiri Jaya. Selama ini team kami sudah mengimplementasikan openbravo di beberapa tempat, tapi kami belum pernah implementasi openbravo di perhotelan. Jika mas ingin tahu lebih banyak tentang implementasi openbravo bisa hub. Kantor saya telp/fax ; 021-7806005 atau sms 081510768190.
      Perusahaan yg pernah kami implementasi sbb;
      1. PT.Tata Logam Lestari
      2. PT.Graha Vinoti Living
      3. PT.Satria Bahana Sarana
      4. PT.Equilindo Water (ongoing).
      Demikian informasi dari saya, semoga membantu.

  16. Selamat Malam,

    saya ingin bertanya ni, semoga dapat dijawab :
    – produk Openbravo ini produk yang dapat dicustomize ato ga ya? lebih tepatnya si produk ini merupakan custom software ato packaged software?
    – trus kalo bisa dicustomize, bentuk customizationnya seperti apa?

    Terima Kasih. =)

  17. Apakah ada yang pernah implementasikan OpenBravo pada bengkel mobil dan penyewaan mobil? Saya lagi ada pekerjaan disitu.

  18. perusahaan indonesia mana saja yg sudah memakai ob.
    tolong kirimin jawabannya di email ya.thank

  19. Pak Budi,
    Bisa ajarkan pada kami semua bagaimana cara instalasi OpenBravo di Windows maupun di Ubuntu dengan pake Video (FLV).

    Saya udah coba hampir sebulan, kagak bisa-bisa. Apa karena saya yang terlalu newbie untuk Openbravo ini..😦

    Mohon email ke saya pak. Thanks.

  20. mas budi
    saya sudah instal semua
    jdk6
    ant
    tomcat 6.0
    postrgresql

    saya sudah ant install.soure
    tapi di localhost:8080/openbravo
    tidak bisa bisa, kenapa ya?
    ada pesan di kiri bawah sedang menunggu http://www.localhost.com kok seperti itu, apa yang salaha ya?

  21. Assalamu’alaikum,..semua

    pak, saya seorang mahasiswa dalam penelitian. Saya sedang mengangkat judul “implementasi ERP Openbravo POS pada usaha dagang Herman ” saya kuliah di padang Univ UPI jurusan information enginering

    dan saya banyak menemukan kendala…
    1. saya melihat dari source code pembangunan Pos pada Ob dikhususkan untuk retail pada restoran sehingga banyak modul yang harus dibongkar sama saja membangun ulang jika pada UD

    2. sangat kompleks diselesaikan sendiri apalagi hanya untuk tugas akhir dengan waktu yang sedikit

    banyak kendalanya lagi pak…

    saya kira ada solusi bagi masalah saya,
    terimakasih sebelumnya pak
    salam kenal

Komentar ditutup.