SMSPenyet


SMSPenyet Ide DuluIdenya sederhana aja sich, saya lagi mau buat program pake j2me yang dapat melakukan kompresi teks sms khusus untuk bhs indonesia. Menurut hipotesis ku sih mungkin aja… habis disingkat2, berarti cari algoritma kompresi yang harus menghasilkan karakter2 yang didukung dalam character set sms….

Ide kuno saya demikian:
1. aplikasi akan memiliki sebuah database persistent yang berisi kamus data singkatan sebagai kontrol
2. untuk algoritma kompresinya (kayaknya bukan kompresi dech😀 ):
a. jika pemakai mengaktifkan mode “Lookup”, ketika pemakai mengetikan suatu huruf, otomatis, aplikasi akan menampilkan daftar kata yang di awali dengan huruf tersebut. Setelah dipilih, di text editor akan muncul singkatannya.
b. jika pemakai menonaktifkan mode “Lookup”, aplikasi tidak akan melakukan pencarian pada kamus datanya.
c. lalu dikirim.
d. pada penerima, aplikasi akan langsung menangkap pesan sms, kemudian melakukan tokenisasi untuk mendapatkan per kata, dan kemudian langsung di cocokkan dengan kamus. Jika ditemukan, langsung di tampilkan kata non singkatan. Sehingga yang diterima pemakai seolah-olah pesan sms yang tidak tersingkat.

Untuk setiap singkatan, maksimum diwakili 2 alfanumeris , sehingga pada kamus kontrol akan terdapat 26 huruf X 10 angka + 23 karakter khusus = 283 item. Oleh karena aplikasi ini menggunakan satu kamus data sebagai kontrolnya, maka aplikasi ini nantinya juga harus dapat melakukan sinkronisasi data ke server. Dengan demikian, pemakai dapat melakukan manipulasi kamus data kontrol nya sendiri lalu disinkronisasi ke server. Masalah jika jumlah item kamus data sudah penuh, belum terpikir solusinya.😀
Kira-kira beginu… mungkin sudah ada aplikasi yang serupa, tapi iya..ndak apa-apa lah jika ada kembarannya. Iseng-iseng juga pengen buat proyek kecil sendiri dengan J2ME untuk matakuliah Pemrograman perangkat bergerak di kampus😀.

7 thoughts on “SMSPenyet

  1. Kompresi sms memang jadi topik yang menarik. Yang aku tahu sih ada yang pernah bikin aplikasi J2ME jadi transfer SMSnya via GPRS gitu. Kalau mau make fasilitas ini, kedua pihak harus nginstal aplikasi yang sama. Intinya bisa sms sebanyak mungkin biayanya cuma biaya akses gprs doang. Aplikasi ini menang sewaktu Indonesia Mobile Com-Creativity Contest tahun 2006 lalu di ITS (saya kalah :p ).

  2. wah bagus sih, ada software bwt kompres kata d hp, tp banyakan tmn klo sms skrg dah gak liat hp lagi. biasanya sih (pa lagi klo d kelas) tmn2 klo smsan hpnya di sembunyiin di tas. so.. blum bth kompres kata.

  3. metode kompresi tersebut memang ada, namanya metode static dictionary. Intinya sie tentang penambahan jumlah bit per karakter sehingga ada space kosong untuk dictionary. Materi TA saya juga mirip dengan kompresi SMS Penyet (Implementasi Metode Static Dictionary Berbasis Bigram Bahasa Indonesia Pada Kompresi Teks) :p

Komentar ditutup.