Memasang Oracle 11g di VirtualBox


Setelah memasang Fedora 11 di notebook saya, kemudian saya ingin kembali memasang Oracle 11gR1 di dalamnya. Ternyata setiap kali proses Linking dilakukan, selalu terjadi kesalahan sebagai berikut :

Oracle11g error di Fedora 11Masalahnya ketika dilihat pada log filenya selalu muncul beberapa kali pesan “INFO: gcc: unrecognized option ‘-no_cpprt’”. Lalu saya coba googling beberapa kali, tetap tidak menemukan masalah dan solusinya. Kemudian saya lari ke forums.oracle.com, dan sepertinya masalah ini tidak hanya saya saja yang mengalami. Dugaan sementara adalah glibc yang terpasang default pada Fedora 11 adalah glibc versi 2.10, padahal Oracle 11gR1 membutuhkan glibc versi 2.5. Yah… bagaimana mungkin bisa memasang glibc dengan dua versi yang berbeda? Mungkin ada temen-temen yang bisa membantu masalah ini?

Daripada menunggu lama, akhirnya saya memutuskan untuk memasang Oracle 11gR1 di Ubuntu 8.04 yang dijalankan sebagai  guest VirtualBox. Proses pemasangan Ubuntu 8.04 untuk dapat berjalan di atas  VirtualBox tidaklah rumit. Dengan mengikuti tutorial di pythian.com, Oracle 11gR1 terpasang juga di Ubuntu 8.04.

Kemudian saya ingin dapat mengakses service Oracle 11g yang berjalan di Ubuntu 8.04 VirtualBox dari sistem operasi host saya, yaitu Fedora 11. Untuk dapat melakukan ini, maka saya harus memasang Oracle instance Client yang dapat diunduh di web site otn.oracle.com. Silahkan download paket Instant Client Package – Basic dan Instant Client Package – SQL*Plus, dan pasang di mesin Anda (dalam hal ini saya mengunduh versi RPM karena saya menggunakan Fedora).Perlu diingat adalah, kita harus mematikan SELinux (SELINUX=disabled). Untuk melakukan ini caranya mudah dengan cara memilih menu System > Administration > SELinux Management. Kemudian pilihlah Disabled pada item System Default Enforcing Mode. Yang kedua, jangan lupa juga tambahkan deklarasi variabel pada file $HOME/.bash_profile :

export ORACLE_HOME=/usr/lib/oracle/11.1/client
export LD_LIBRARY_PATH=$ORACLE_HOME/lib

Setelah selesai, satu lagi pengaturan yang harus dilakukan adalah mendefinisikan port mapping antara Guest OS dan Host OS antara Fedora (sistem operasi Anda) dan (VirtualBox). Untuk melakukan ini, karena saya menggunakan Ubuntu dan saya beri nama dengan “Ubuntu 8.04″ untuk guest OS item pada VirtualBox, maka saya dapat melakukan pengaturan dengan cara berikut :

  • buka terminal
  • cd $HOME/.VirtualBox/Machinces/Ubuntu\ 8.04
  • nano Ubuntu\ 8.04.xml
  • tambahkan elemen XML berikut di dalam element <ExtraData>
      
      
      
      
      
      
      
      
      

Kemudian jalankan Guest OS VirtualBox tersebut. Di dalam VirtualBox Ubuntu 8.04, seperti biasa kita jalankan database Oracle dan Enterprise Managernya dengan perintah :

$ su - oracle
$ dbstart $ORACLE_HOME
$ emctl start dbconsole

Kemudian pada Fedora (host os), kita dapat menjalankan perintah sqlplus dari terminal sebagai berikut :

$ sqlplus hr/hr@192.168.122.1:1521/orcl

Alamat IP tersebut bisa Anda dapatkan dari perintah ifconfig virbr0.

Dari browser Firefox di Fedora, saya dapat juga mengunjungi Enterprise Manager dengan alamat :

https://192.168.122.1:1158/em/console/logon/logon

Selamat mencoba!

